Dewan Kerja Cabang

Pramuka Peduli

Post Page Advertisement [Top]

PRAMUKA KAWAH CANDRADIMUKA GENERASI MUDA

BATUR – Gerakan Pramuka satu satunya organisasi Kepanduan yang diakui oleh Undang Undang memiliki kedudukan strategis sebagai wadah pembinaan dan pembentukan karakter generasi muda. Hal tersebut dikemukakan Camat Batur selaku Kamabiran Tuslam saat membuka Jambore Ranting Kecamatan Batur akhir pekan kemarin. “Jambore saya harapkan bukan hanya sekedar rutinitas namun Pramuka harus mampu sebagai kawah Candradimuka pembentukan karakter anak bangsa untuk menjadi generasi muda yang handal dan cinta tanah air “ ungkapnya.
Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut digelar diLapangan Desa Pasurenan diikuti oleh Ratusan Pramuka Penggalang dari 26 Kontingen Perwakilan SD dan MI se Kecamatan Batur.
Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Batur Agus Mudianto mengatakan, Jambore selain sebagai kegiatan Rutin dua tahunan, diharapkan mampu menjadi wadah pembinaan, evaluasi serta proses penerapan pengetahuan secara langsung bagi peserta didik untuk meraih prestasi. “pada Jambore kali ini ada beberapa kegiatan yang dilombakan seperti PBB Variasi, Penjelajahan dan survival, Pertendaan, Pentas Budaya dan senam pramuka “ ujarnya. Selain itu untuk menumbuhkan rasa empati kepada sesame digelar juga kegiatan bhakti sosial berupa pembagian alat tulis kesejumlah sekolah dan bersih lingkungan sebagai wujud gerakan Pramuka Peduli.
Sejak dini
Ketua Kwarcab Pramuka Banjarnegara Setiawan berharap wujud penanaman empati dan peduli sesama dapat ditanamkan sejak dini, langkah tersebut diharapkan menjadi titik awal pembentukan karakter positif bagi peserta didik. “Rasa empati dan peduli sesama yang saat ini mulai pudar harus terus kita gaungkan bersama, terlebih bagi peserta didik yang masih belia, nilai tersebut menjadi penting untuk mendukung aksi Pramuka Peduli ditengah masyarakat “ paparnya.
Lewat Jambore sebagai ajang pertemuan Pramuka Penggalang diharapkan selain memicu rasa kebersamaan dan solidaritas, juga mampu memberikan income yang bermanfaat bagi peserta didik, terutama dalam hal perilaku, kedisiplinan, dan kesahajaan sebagai ciri khas bangsa yang dewasa ini kian pudar dimakan zaman.
Dalam kegiatan tersebut kontingen SDN 01 Batur berhasil menyabet juara umum dengan membawa tiga trophy tergiat 1 untuk mata lomba Senam Pramuka, PBB Variasi dan Pentas Budaya.**alwan


Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib