Dewan Kerja Cabang

Pramuka Peduli

Post Page Advertisement [Top]

Pertama Sepanjang Sejarah


BANJARNEGARA – Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah Pendidikan Gerakan Pramuka di Kwartir Cabang Banjarnegara, kemarin mengukuhkan dan melantik pramuka garuda, kali ini sebanyak 16 anak pramuka siaga dikukuhkan menjadi Pramuka Garuda Hijau. Sekretaris Kwartir Cabang Banjarnegara Tapsirun usai pelantikan dan pengukuhan mengatakan, momentum pertama kalinya sepanjang sejarah pramuka di Banjarnegara ini diharapkan menjadi semangat dan pelecut motivasi dalam mendidik karakter generasi muda khususnya lewat gerakan pramuka. “langkah awal ini diharapkan mampu menjadi pematik untuk lahirnya garuda garuda selanjutnya di Bumi gilar gilar serta mampu menjadi suri tauladan dan contoh yang baik bagi teman teman dipangkalan” ujarnya.
Pramuka garuda merupakan pencapaian tertinggi bagi insan dan penggiat pramuka di semua tingkatan yakni siaga, penggalang, penegak dan pandega yang diharapkan menjadi contoh yang baik atau kader sejati dan siap menjadi garda depan dalam pendidikan karakter, perilaku dan kepribadian.
Andalan Cabang Bina Muda Siaga Kwarcab Banjarnegara Sugeng Wiyono mengatakan, pelaksanaan dan uji pramuka garuda didasari oleh petunjuk dan SK dari Kwartir Nasional dengan memperhatikan beberapa aspek seperti perilaku, kepribadian serta telah lulus dalam uji Syarat Kecakapan Umum. “uji pramuka garuda ini lebih banyak mengedepankan aspek kejujuran dan sikap serta kepribadian peserta didik dengan melibatkan orangtua, Pembina, pelatih dan teman sebayanya” ujarnya. Maka konsekwensi yang dapat diambil setelah lulus uji Pramuka Garuda pada peserta didik  terjadi penurunan sikap, perilaku dan kepribadian maka Kwartir Cabang dapat dan berhak mencabut SK garudanya dan menariknya kembali menjadi anggota pramuka biasa.

Lebih baik
Humas Kwarcab Alwan Rifai berharap dengan dilaksanakanya uji Pramuka Garuda tersebut mampu mengangkat moral, kualitas pembinaan dan prestasi yang dicapai oleh warga pramuka Banjarnegara. “ini pertama kalinya dan baru tahap belajar, maka jika terjadi kekeliruan pada proses uji atau perumusan kelulusan maka akan dilakukan koreksi dan pembetulan sesuai dengan Peraturan terbaru dari Kwartir Nasional” ujarnya.
Semangat menjadi lebih baik ditahun ini terus didengungkan, mengingat Banjarnegara bertekad kembali mempertahankan dan mengincar beberapa kejuaraan bergengsi untuk beberapa kegiatan di level propinsi dan nasional untuk seluruh tingkatan yakni Siaga,Penggalang,Penegak dan Pandega. 

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib