Dewan Kerja Cabang

Pramuka Peduli

Post Page Advertisement [Top]

PEMBINA PRAMUKA HARUS TOTAL MENGABDI
BANJARNEGARA – Pembina Pramuka diharapkan total dalam mengabdikan dirinya dalam mendidik dan membina generasi muda melalui wadah Kepanduan Praja Muda Karana. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dindikpora Banjarnegara Noor Tamami saat membuka Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar di Sanggar Bhakti Pramuka Kwarcab Banjarnegara kemarin. “Jadi Pembina itu memang berat namun jika dijalankan dengan sungguh sungguh dan ikhlas akan terasa ringan dan menjadi Ibadah karena jadi Pembina pramuka merupakan Tugas yang sangat mulia“ ujarnya. Terlebih saat ini Pramuka telah menjadi kegiatan ekstrakulikuler wajib disekolah yang telah tertuang dalam Undang Undang Kepramukaan dan sesuai dengan Kurikulum 2013.
Kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat dasar merupakan kerja sama antara Dindikpora dan Kwartir Cabang yang kali ini diikuti oleh 70 pembina Tingkat SD,SMP dan SMU/SMK yang digelar selama enam hari dengan metode teori, praktek, simulasi dan diskusi bersama.
Kepala Pusdiklatcab Banjarcahyana Agus Triono mengatakan momentum kerja sama yang telah dibangun antara Dindikpora dan Kwarcab dalam berbagai kegiatan Kursus Pembina diharapkan menjadi pemicu lahirnya Pembina yang handal dan berkualitas yang nantinya menjadi corong pendidikan karakter di sekolah. ”Pembinaan harus dilaksanakan berkesinambungan dan bekerja sama lintas sektoral, ini menjadi penting karena pendidikan karakter generasi muda melibatkan berbagai unsur dan element “ paparnya. Dengan kerjasama tersebut diharapkan pola dan ragam pembinaan kepramukaan akan lebih inovatif dan relevan dengan kurikulum pendidikan.
Dalam kegiatan tersebut, peserta diberikan berbagai materi seperti Dinamika kelompok, Implementasi Ekstrakulikuler Kepramukaan, Sejarah Kepramukaan, AD ART dan PDMPK, Kode Kehormatan, Tugas Membina, Pengelola Satuan, Struktur Mabi, Administrasi Gudep, SKU, SKK, Tata Upacara, serta scouting skill sesuai dengan golongan Siaga, Penggalang dan Penegak.
Implementasi
Ketua Kwarcab Pramuka Banjarnegara Setiawan berharap seluruh peserta dapat mengaplikasi dan mengimplementasikan ilmu yang diperoleh secara jelas dan terprogram kepada peserta didik dipangkalan masing masing. “melalui pengabdian tak kenal lelah diharapkan pola pembinaan akan terus berjalan dan berimbas kepada perubahan sikap, perilaku dan karakter generasi muda tentunya dengan menggunakan metode yang inovatif dan relevan sesuai perkembangan jaman “ ujarnya.
Dengan merapatkan barisan, menjalin kerjasama serta komunikasi intensif dengan berbagai fihak diharapkan wadah gerakan Pramuka akan berjalan dengan baik dan terus diterima oleh masyarakat karena bermuara pada proses pendidikan anak bangsa ditengah perkembangan jaman yang saat ini kian merajalela. **Alwan

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib