Dewan Kerja Cabang

Pramuka Peduli

Post Page Advertisement [Top]

PRAMUKA DIHARAPKAN JADI PENYELAMAT GENERASI MUDA

WANAYASA- Anggota Pramuka Penegak Pandega diharapkan mampu menjadi contoh sekaligus garda terdepan dalam menyelamatkan generasi muda dari pengaruh negatif yang berkembang saat ini. Hal tersebut disampaikan Ketua Kwarcab Pramuka Banjarnegara Setiawan saat membuka Raimuna Cabang IV di Bumi Perkemahan Wana Tubing Tempuran Wanayasa. “Pramuka Penegak Pandega harus dapat berperan lebih dan berbicara banyak ditengah masyarakat dalam membantu tugas pemerintah dalam hal pembinaan generasi muda dan pendidikan karakter anak Bangsa”ujarnya. Lewat pendidikan karakter yang kuat dan penanaman rasa nasionalisme yang tinggi diharapkan generasi muda mampu mengeksplore kemampuan, ilmu yang didapat serta menjaga perilaku sehari hari yang mencerminkan adat ketimuran sebagai budaya bangsa.
Raimuna Cabang merupakan kegiatan rutin empat tahunan tersebut merupakan kegiatan besar bertemunya pramuka penegak pandega tingkat SMU/SMK/MA se Kabupaten Banjarnegara kali ini diikuti oleh ratusan pramuka perwakilan dari 22 pangkalan digelar selama lima hari. Dengan mengambil tema Kreatif, Rekreatif dan inovatif, peserta diajak untuk berfikir bersama dalam mengembangkan kemajuan pendidikan kepramukaan di Bumi gilar gilar.
Ketua panitia kegiatan M.Cahyo Adi mengatakan, Raimuna merupakan kegiatan dari dan untuk pramuka itu sendiri. “seluruh kegiatan, serta proses aplikasinya murni merupakan hasil kreatifitas dan pengembangan seluruh anggota sebagai bagian dari metode pendidikan” paparnya. dalam kegiatan tersebut peserta diberikan beberapa materi seperti csouting skill, navigasi darat, GSB Lantas, pembuatan composer, survival, Messenger Of Peace, pembuatan Bio Etanol, Pemadam kebakaran, Tata Upacara bendera, breating apparatus, mountenering dan simulasi bencana. Selain itu digelar juga beberapa giat Prestasi dan perlombaan seperti Fotografi dan jurnalistik, K3 Pertendaan, Sendratasik, Paduan suara, dan Handy craft.
Peduli lingkungan
Humas kwarcab Banjarnegara M.Alwan Rifai mengatakan pada Kegiatan Raimuna Cabang tahun ini terjadi peningkatan yang sangat signifikan dan ketat pada seluruh pelaksanaan lomba. “ini membuktikan bahwa proses pembinaan diseluruh pangkalan mengalami peningkatan kualitas yang sangat tajam yang tak lepas dari peran Pembina yang berjalan dengan baik dan berkesinambungan“ ujarnya.
Selain beberapa kegiatan peningkatan kualitas dan prestasi, digelar juga beberapa kegiatan bhakti masyarakat seperti penanaman seribu pohon dilokasi perkemahan, pembagian puluhan tong sampah kepada masyarakat, dan bersih desa massal. Langkah tersebut diharapkan sebagai pemicu anggota pramuka untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan cinta terhadap sesama sekaligus membantu program pemerintah dalam hal konservasi lingkungan.**Alwan


Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib