Dewan Kerja Cabang

Pramuka Peduli

Post Page Advertisement [Top]

RATUSAN PRAMUKA IKUTI JOTA JOTI INTERNASIONAL

BANJARNEGARA - Ratusan anggota Pramuka Penegak Pandega se wilayah Kota kemarin mengikuti kegiatan Jamboree On the Air (JOTA) dan Jamboree On The Internet (JOTI) Internasional.
Kegiatan yang digelar dalam tiga hari tersebut dilaksanakan di Komplek Sanggar Bhakti Pramuka Kwarcab Banjarnegara dan bekerjasama dengan ORARI Lokal Banjarnegara. Andalan Cabang Urusan Hukum, Perencanaan dan Tehnologi Dwi Budi Haryanto saat membuka acara mengatakan, JOTA dan JOTI merupakan kegiatan yang selalu dinanti setiap tahunnya, dimana anggota pramuka diajak untuk berkomunikasi tanpa batas dengan kecanggihan tehnologi. “Berkomunikasi intinya jangan malu dan harus berani mencoba meski banyak keterbatasan seperti bahasa, tempat dan waktu, terlebih anggota Pramuka diajarkan untuk berani melakukan eksperimen positif“ ujarnya.
Tahun ini, terjadi peningkatan signivikan dalam hal peserta yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan JOTA JOTI Internasional, ini dibuktikan dengan membludagnya peserta yang melebihi kuota dan batas ketentuan panitia.
Ketua Panitia Kegiatan Budi Julianto mengatakan, pembatasan kuota sangat penting mengingat akses jaringan dan perlengkapan yang sangat terbatas. “kami melakukan langkah efektifitas peserta dengan model kuota terbatas agar mereka mampu menyerap ilmu yang didapat untuk diaplikasikan dan ditularkan dipangkalan sekolah masing masing” ujarnya. Sebelum berkomunikasi langsung peserta dibekali dengan beberapa materi seperti Komunikasi Radio, foox hunting, jaringan lunak dan server ases.
Fasilitas, sarana dan prasana menjadi hal yang sangat mendasar, terlebih hingga saat ini Komplek Sanggar Pramuka Kwarcab Banjarnegara belum memiliki akses internet serta peralatan sendiri untuk mendukung kegiatan tersebut. Namun hal tersebut tak menjadi pengendur semangat peserta untuk tetap antusias dalam mengikuti kegiatan, bahkan diatara mereka ada yang mampu tembus dan berkomunikasi langsung dengan pramuka dari Negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, Singapura dan Philippina lewat udara.
Bangun Komunikasi
Humas Kwarcab Banjarnegara Alwan Rifai berharap lewat kegiatan JOTA JOTI tersebut dapat terjalin komunikasi yang efektif, tukar pengalaman dan studi banding untuk kemajuan Pendidikan Kepramukaan di Banjarnegara. “dengan komunikasi efektif lewat berbagai kegiatan akan menambah khasanah ilmu dan pengetahuan yang diharapkan mampu ditularkan kepada teman temannya di sekolah “ paparnya.
Pihaknya berharap kepada pemerintah untuk dapat membantu pengadaan sarana dan prasarana atau fasilitas pendukung kegiatan rutin tahunan tersebut demi kelancaran proses pendidikan karakter generasi muda di Bumi Gilar Gilar. **Alwan


Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib