Dewan Kerja Cabang

Pramuka Peduli

Post Page Advertisement [Top]


KALIBENING – Gerakan Pramuka Kwartir Ranting kalibening akhir pekan kemarin (21/01) menggelar Gladian Pemimpin Barung Pramuka Siaga di komplek aula UPT Dindikpora Kecamatan. Kegiatan tersebut diikuti oleh sedikitnya 68 peserta Pramuka Siaga perwakilan Sekolah Dasar dan MI di wilayah Kecamatan Kalibening.
Ketua Panitia Kegiatan Kisruh mengatakan kegiatan Gladian Pimimpin Barung tersebut merupakan kali pertama digelar dan mendapat respon yang luar biasa dari peserta didik. “lewat kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan wawasan serta kedisiplinan dan menjadi pribadi yang nasionalisme serta bertaqwa kepada Tuhan YME” paparnya.
Dalam kegiatan tersebut, peserta diberikan beberapa materi seperti Kerohanian, Teknik Pramuka, Scouting skill, Kepemimpinan, Patriotisme, Out Bond dan Ketangkasan.
Sementara itu Ketua Kwartir Ranting Kecamatan Kalibening Ngadikan Mengemukakan Pramuka Siaga merupakan bibit pemimpin dimasa mendatang, maka sangat diperlukan penggemblengan dan penanaman karakter positif agar menjadi pribadi yang tangguh dan berkualitas dimasa mendatang. “Lewat Kegiatan Positif ini, kami berharap tunas tunas muda calon penerus generasi bangsa dapat kita arahkan dan bekali dengan karakter positif agar melekat sedini mungkin “ ujarnya.
Untuk menunjang Kegiatan tersebut dihadirkan instruktur dan Pembina dari Kwarran Kalibening yang telah lolos Kursus Mahir Dasar dan Lanjutan serta memiliki spesifikasi khusus untuk menangani peserta didik pramuka siaga.

Inovasi
Ketua Kwarcab Pramuka Banjarnegara Setiawan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan dan berharap menjadi pemicu semangat serta motivasi yang dapat menular ke kecamatan dan wilayah lain. “Selama ini memang belum ada Juklak dan Juknis dari Kwartir Nasional yang mengatur tentang Kegiatan Gladian Pemimpin Barung, namun langkah positif tersebut harus kita dukung sebagai inovasi pembelajaran di era saat ini “ ujarnya.
Untuk menertibkan Pola pembinaan Pramuka Siaga, kedepan Kwarcab Banjarnegara akan menerbitkan Petunjuk Teknis dan Pelaksanaan Kegiatan Gladian Pemimpin Barung agar terjadi keseragaman dalam Pemberian materi dilevel Pramuka Siaga. Langkah tersebut dipandang sangat penting guna memberikan pemahaman dan pendidikan dasar kepada anak anak diusia Sekolah Dasar yang rentan akan pengaruh negatif dimasa sekarang.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib