Dewan Kerja Cabang

Pramuka Peduli

Post Page Advertisement [Top]



BANJARNEGARA – Dawet ayu Khas Banjarnegara racikan anggota pramuka Kontingen Perkemahan Wirakarya Daerah tingkat Propinsi Jawa Tengah yang digelar di Kabupaten Kebumen laris manis dan menjadi primadona buruan peserta.
Pimpinan Kontingen sekaligus Andalan Cabang Bidang Binamuda Nisam mengatakan, meski susasana perkemahan dengan sistem home stay dan cenderung terjadi hujan selama kegiatan namun antusias ratusan peserta dari berbagai kebupaten kota se jawa tengah untuk menikmati minuman khas melegenda asal kota gilar gilar ini sangat luar biasa. “Dalam satu hari dan dalam waktu tidak lebih dari dua jam, sebanyak 500 cups dawet ayu dapat terjual di arena perkemahan, bahkan peserta rela antri dengan tertib untuk mendapatkan dawet ayu” paparnya.
Dawet ayu lengkap dengan angkringan dan pirantinya sebagai ikon daerah memang selalu dibawa oleh Kwartir Cabang setiap mengikuti kegiatan ditingkat propinsi dan nasional. Selain itu berbagai kuliner khas kota gilar gilar seperti salak pondoh, jenang salak, kripik salak, carica, serta produk UMKM lainya juga turut dibawa dalam rangka mengenalkan potensi kuliner khas pada acara festival jajanan daerah.
Ketua Kwarcab Pramuka Banjarenegara Setiawan mengatakan Anggota pramuka selain dibekali dengan teknik scouting skill, pengetahuan umum dan kecakapan khusus kepramukaan, juga dibekali dengan berbagai ketrampilan kerajinan dan wirausaha mandiri. “ini kami lakukan sebagai upaya mencetak kader handal dan siap bersaing ditengah era ekonomi kreatif dan generasi millennial , dimana anak muda harus bersaing secara mandiri dalam menciptakan usaha secara kreatif dan mandiri “ ujarnya.  
Lewat berbagai metode pelatihan sesuai dengan Prinsip Dasar Pendidikan Kepramukaan, berbagai materi ketampilan dikembangkan sesuai dengan bakat, ninat dan kemampuan peserta didik yang dikemas dengan inovasi baru sesuai dengan perkembangan jaman. Lewat trik tersebut diharapkan Pramuka tidak terkesan monoton sehingga dapat terus eksis dan diminati oleh generasi muda ditengah derasnya arus globalisasi yang terus berkembang saat ini

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib