Dewan Kerja Cabang

Pramuka Peduli

Post Page Advertisement [Top]



BANJARNEGARA – Pembina Pramuka diharapkan mampu menjadi motor penggerak utama organisasi dan mampu mencetak kader bangsa yang mumpuni, berdaya saing serta memiliki karakter kebangsaan yang kuat.
Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Dindikpora Banjarnegara Noor Tamami saat membuka Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat Dasar (KMD) di sanggar bhakti pramuka kwartir cabang kemarin. “pembina pramuka harus paham dan tahu betul tentang Undang Undang Kepramukaan, tujuan utama organisasi serta fungsi pembina secara universal dilingkungan sekolah “ ujarnya. Selain itu, pemahaman tentang pendidikan karakter juga harus diperdalam sehingga akan menghasilkan bibit generasi muda yang tangguh dan berakhlaq mulia ditengah persaingan global yang kian memanas.
Ketua Panitia Kegiatan sekaligus Kasi Kesiswaan SMP Dindikpora Banjarnegara Suhardi mengatakan, tahun ini kwarcab dan dindikpora berkomitmen untuk terus mencetak pembina yang mahir dan berkualitas sesuai dengan golongannya. “tahun ini total sudah 300 pembina mahir yang telah kami cetak yang bekerja sama dengan Kwartir Cabang sebagai pelaksana dilapangan “ paparnya. Disamping itu, kedepan muncul wacana bahwa syarat untuk menjadi kepala sekolah serta guru pembina minimal mempunyai sertifikat Mahir Pramuka. Hal tersebut dilakukan agar proses pendidikan karakter akan berjalan dengan baik serta sesuai dengan tujuan dan cita cita luhur NKRI.
3 Sistem
Ketua Kwarcab Pramuka Banjarnegara Setiawan mengapresiasi kinerja dan kerja sama yang dilakukan bersama Dindikpora dalam upaya mencerdaskan anak bangsa, membentuk mental serta karakter tangguh lewat gerakan pramuka. “Pembina pramuka diharapkan mampu menjadi tameng peserta didik disekolah ditengah era millennia, serta mengerem tingkah laku ditengah derasnya serangan dunia cyber “ ujarnya.
Dengan tiga sistem yang dilakukan sesuai dengan kurtilas yang saat ini diterapkan disekolah yakni Sistem Blok, aktualisasi dan Reguler seluruh kegiatan diharapkan berjalan dengan tertib, terpola dan terstruktur sesuai dengan Sistem Pendidikan dan Metode Pendidikan Gerakan Pramuka.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib