Dewan Kerja Cabang

Pramuka Peduli

Post Page Advertisement [Top]


PEJAWARAN – Ratusan anggota Pramuka Penegak Pandega Perwakilan pangkalan gugus depan SMU/SMK/MA negeri dan swata se kabupaten Banjarnegara dan anggota Saka Kalpataru menggelar aksi penanaman seribu Pohon di komplek wisata Curug Giritirta kecamatan Pejawaran kemarin.
Kegiatan yang digelar selama tiga hari tersebut dalam rangka menyambut dan membuka rangkaian pendidikan kepramukaan di tahun 2017 yang dipandegani oleh Dewan Kerja Ranting Pramuka Kecamatan Banjarnegara.
Ketua Panitia Kegiatan Samsul mengatakan, kegiatan Penanaman pohon tersebut merupakan agenda rutin tahunan dan untuk kali ini memasuki tahun kelima pelaksanaan kegiatan. “Kali ini kami menanam total 1201 pohon yang terdiri dari pohon pucuk merah, mahoni, pucung, pala, pinus, ekaliptus dan aren “ ujarnya. Adapun bibit tanaman seluruhnya merupakan donasi dari Instansi seperti Kantor Lingkungan Hidup, PT.Indonesia Power dan Perhutani Karangkobar.
Sebelum melakukan penanaman serentak di lokasi wisata curug giritirta dan lingkungan sekitar, seluruh peserta terlebih dahulu melaksanakan long march dari karangkobar menuju lokasi. Selain itu digelar juga kegiatan Latihan Gabungan, malam keakraban dan bhakti sosial pramuka peduli berupa pembagian sembako dan bersih bersih desa.
Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Banjarnegara Heri Noerwantoro mengatakan, kegiatan penanaman ribuan pohon tersebut merupakan sumbangsih nyata anggota pramuka dalam rangka ikut mensukseskan program konservasi yang digalakkan pemerintah.”terlebih lokasi penghijauan merupakan komplek wisata alam yang saat ini menjadi primadona dan unggulan baru yang masih perlu mendapatkan perhatian dari berbagai pihak”paparnya. Selain itu, dengan program penghijauan tersebut diharapkan dapat mencegah ternjadinya bencana alam seperti tanah longsor serta ikut menyelamatkan daerah hulu sungai serayu yang berimbas pada sedimentasi waduk panglima besar soedirman.

Aksi nyata
Sementara itu ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Banjarnegara Setiawan berharap seiring memasuki tahun yang baru, berbagai kegiatan pramuka dewasa ini lebih mengedepankan aksi nyata dan bhakti kemasyarakatan dalam berbagai hal. “ini sangat penting mengingat berbagai masalah sosial dan kemasyarakatan saat ini semakin komplek dan perlu mendapatkan perhatian serius dari berbagai pihak termasuk warga gerakan pramuka” ujarnya.
Dengan aksi nyata tersebut diharapkan selain menciptakan citra yang positif bagi organisasi juga memberikan edukasi langsung kepada peserta didik tentang pentinya menjaga kelestarian alam dan cinta kasih kepada sesama sesuai dharma ke 2 yang bermuara pada pendidikan karakter kuat dan positif bagi generasi muda. **alwan

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib